Kamis, 07 April 2011

Bentuk keluarga
Ada dua macam bentuk keluarga dilihat dari bagaimana keputusan diambil, yaitu berdasarkan lokasi dan berdasarkan pola otoritas
Berdasarkan lokasi
Adat utrolokal, yaitu adat yang memberi kebebasan kepada sepasang suami istri untuk memilih tempat tinggal, baik itu di sekitar kediaman kaum kerabat suami ataupun di sekitar kediamanan kaum kerabat istri;
Adat virilokal, yaitu adat yang menentukan bahwa sepasang suami istri diharuskan menetap di sekitar pusat kediaman kaum kerabat suami;
Adat uxurilokal, yaitu adat yang menentukan bahwa sepasang suami istri harus tinggal di sekitar kediaman kaum kerabat istri;
Adat bilokal, yaitu adat yang menentukan bahwa sepasang suami istri dapat tinggal di sekitar pusat kediaman kerabat suami pada masa tertentu, dan di sekitar pusat kediaman kaum kerabat istri pada masa tertentu pula (bergantian);
Adat neolokal, yaitu adat yang menentukan bahwa sepasang suami istri dapat menempati tempat yang baru, dalam arti kata tidak berkelompok bersama kaum kerabat suami maupun istri;
Adat avunkulokal, yaitu adat yang mengharuskan sepasang suami istri untuk menetap di sekitar tempat kediaman saudara laki-laki ibu (avunculus) dari pihak suami;
Adat natalokal, yaitu adat yang menentukan bahwa suami dan istri masing-masing hidup terpisah, dan masing-masing dari mereka juga tinggal di sekitar pusat kaum kerabatnya sendiri .
Berdasarkan pola otoritas
Patriarkal, yakni otoritas di dalam keluarga dimiliki oleh laki-laki (laki-laki tertua, umumnya ayah)
Matriarkal, yakni otoritas di dalam keluarga dimiliki oleh perempuan (perempuan tertua, umumnya ibu)
Equalitarian, suami dan istri berbagi otoritas secara seimbang.


Keluarga (kinship)
Bagi keluarga inti (nuclear family) agen sosialisasi meliputi ayah, ibu, saudara kandung, dan saudara angkat yang belum menikah dan tinggal secara bersama-sama dalam suatu rumah. Sedangkan pada masyarakat yang menganut sistem kekerabatan diperluas (extended family), agen sosialisasinya menjadi lebih luas karena dalam satu rumah dapat saja terdiri atas beberapa keluarga yang meliputi kakek, nenek, paman, dan bibi di samping anggota keluarga inti. Pada masyarakat perkotaan yang telah padat penduduknya, sosialisasi dilakukan oleh orang-orabng yang berada diluar anggota kerabat biologis seorang anak. Kadangkala terdapat agen sosialisasi yang merupakan anggota kerabat sosiologisnya, misalnya pengasuh bayi (baby sitter). menurut Gertrudge Jaeger peranan para agen sosialisasi dalam sistem keluarga pada tahap awal sangat besar karena anak sepenuhnya berada dalam ligkugan keluarganya terutama orang tuanya sendiri.
















Sebuah Kisah Nyata Tentang Keluarga saya ... Saya tidak bisa Percaya!
________________________________________




Satu dekade yang lalu, aku menemukan seorang individu dengan nama yang sama terakhir saya Boyter. Boyter bukan yang umum dari nama, seperti yang Anda tahu.
Saya berusia 30 tahun dan, sampai ke titik dalam hidup saya, saya tidak pernah menyeberang jalan dengan orang dengan nama saya dan tidak diketahui langsung siapa mereka dan bagaimana kita yang terkait. Saya bingung dan tertarik!
Di samping catatan, orang ini hidup hanya dua jam sebelah utara di mana saya dibesarkan dan kakek-nenek saya tidak tahu siapa dia baik.
Kami duduk dan berbicara selama beberapa jam hari itu, bertukar informasi keluarga, cerita dan melihat foto-foto keluarga. Ketika kami berbicara aku tidak bisa membantu tetapi melihat bagaimana pandangan umum dan mannerisms mengingatkan saya pada kakek saya Boyter.
Ia menceritakan sebuah kisah kepada leluhur James Boyter yang, pada 1870-an, melintasi Samudra Atlantik dari Skotlandia dengan kakaknya Alexander.
Menurut keluarga "legenda" salah satu atau kedua bersaudara telah merasuki kesulitan untuk berburu pada properti kerajaan. Cerita ini melanjutkan bahwa kedua, dalam upaya untuk melarikan diri hukum, melarikan diri ke Amerika Serikat.

________________________________________


________________________________________


Mereka akhirnya kembali dan membawa ibu mereka ke AS dan menjadi tukang batu terampil dan cukup banyak rumah dibangun di kota Utah selatan di mana mereka menetap dan menjadi warga menonjol. Alexander berakhir di Utah setelah Angkatan Darat AS yang ditugaskan di sana.
Aku duduk dan mendengarkan orang ini menceritakan kisah ini. Aku terus diam dan memegang kegembiraan saya dalam sampai ia selesai bercerita. Saya pernah mendengar bahwa kali cerita yang sama persis yang tak terhitung jumlahnya di pertemuan keluarga sejak kecil saya. Sekarang di sini adalah "asing" lengkap menceritakan kisah yang sama.


________________________________________
Aku Segera Tahu Bagaimana Kami Were Terkait!
________________________________________


Itu adalah perasaan aneh. Hal ini cukup keren juga.
Aku langsung tahu bagaimana kita terkait!
Ia sangat senang ketika saya mengatakan bahwa saya adalah keturunan saudara yang lebih tua Alexander; besar saya besar-kakek Boyter.
Jika cerita yang telah hilang untuk keluarga saya selama bertahun-tahun, aku akan kembali suatu pengetahuan tentang Boyter-kakek besar saya bahwa berkat ketekunan hari ke kisah pelestarian kehidupan dari garis panjang keturunan James Boyter.
Dalam hal ini kedua belah pihak keluarga yang diselenggarakan tanggal dan mengabadikan cerita selama bertahun-tahun. Ini adalah apa yang saya maksudkan ketika saya berkata bahwa kita tidak boleh lupa untuk memasukkan cerita dari saudara kita dan anggota keluarga dekat ke dalam jurnal kita sendiri, otobiografi buku harian dan kehidupan cerita.
Itu yang kami sertakan dalam rekening kisah hidup kita, mungkin membuat semua perbedaan di dunia untuk saudaramu yang keturunan generasi dari sekarang ... semua karena merekamnya dalam sejarah Anda sendiri!























Saya Kunjungan ke Galeri Seni
Ini adalah hari yang panas dan lengket di pantai timur memiliki. Ini adalah hari terakhir saya juga untuk mengunjungi saya dengan kerabat dan menjadi wisata saya. Saudara perempuan dan saudara akan pergi ke besar taman saya dengan ibu dan Mereka sepupu. Yang pergi ke piknik dan naik tua anak kuno kereta yang. saya. ibu dibesarkan di Maryland pinggiran kota dan digunakan untuk naik kereta ini ketika dia seorang anak saya benar-benar ingin pergi bersama mereka, tapi aku pergi dulu sebelum jadi saya ingin melakukan sesuatu yang istimewa dengan Bibi Nellie. Kami berdua melompat ke atas Metro dan mengunjungi Galeri Seni Nasional di Washington, DC Bibi saya membawa saya semua melalui galeri dan menunjukkan saya beberapa lukisan kesayangannya itu. Saya takjub melihat betapa segala sesuatu indah adalah ... Saya belum pernah ke sebuah galeri seni sebelumnya) favorit saya. Lukisan (dan bibi saya juga favorit adalah Petualangan seri Hidup oleh Thomas Cole. Ini adalah empat lukisan besar tentang ukuran dinding yang menggambarkan perjalanan manusia hidup dari lahir sampai mati. Bukan saja aku menikmati melihat semua karya seni yang indah, tapi aku belajar sedikit tentang masing-masing seniman. Lalu, saya Bibi Nellie mentraktir saya makan siang lezat di Galeri Seni Nasional's restoran. Ketika kami kembali kepadanya rumah, ibuku, saudara & saudari, dan sepupu memiliki segala macam hal untuk mengatakan tentang perjalanan mereka ke taman .... tapi itu adalah cerita lain!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar